Sejarah Komputer, Perkembangan
dan Komponen
·
Pengertian Komputer
Computer/Pc Dalam bahasa inggris
disebut to compute yang berarti orang yang sedang menghitung, sedangkan dalam
bahasa latin disebut dengan computare yang berarti menghitung. Komputer seperti
yang telah kita ketahui merupakan sebuah alat elektronik yang mampu memiliki
banyak fungsi dan mampu melakukan banyak tugas.
Sebelumnya pada masa Perang Dunia
ke-2 komputer adalah suatu mesin mekanis yang berfungsi untuk melakukan
perhitungan operasi aritmatika. Selain itu komputer dapat didefinisikan sebagai
sekumpulan alat elektronik yang saling terkoordinasi satu sama lain sehingga
dapat menerima data, kemudian mengolah data, dan pada akhirnya akan
menghasilkan suatu keluaran yang berupa informasi (Input > Proses >
Output).
Komputer Menurut Ahli Dan Kamus
#1. Oxford English Dictionary (OED2) edisi ke-2 : Computer sebagai suatu perangkat yang digunakan untuk menghitung atau mengendalikan operasi-operasi yang dinyatakan dalam bentuk numeric atau logika.
#2. Menurut Sanders (1985) : Computer adalah
system elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang
dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input,
memprosesnya dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah
tersimpan dalam memori.
#3. Menurut V.C hamacher dalam bukunya “Computer Organization” :
Computer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima
informasi input digital kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang
tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
·
Fungsi Dan Manfaat Komputer
Komputer pada saat ini merupakan
suatu kebutuhan bagi setiap orang, komputer menjadi suatu bagian yang penting
bagi setiap kehidupan manusia karena lewat komputer kita bisa melakukan
berbagai aktivitas pekerjaan sehingga menjadi lebih ringan dan untuk mempersingkat
waktu pekerjaan tersebut.
Komputer tidak hanya digunakan
oleh orang dewasa saja, namun anak-anak pun juga bisa menggunakannya, mereka
bisa belajar sambil bermain. Berikut beberapa fungsi dari komputer yang sering
dimanfaatkan oleh manusia:
#1. Komputer pada bidang keamanan
Pada bidang keamanan dan pertahanan, komputer merupakan suatu bagian yang sangat penting, karena lewat komputer suatu negara dapat memperkuat pertahanannya dari serangan luar, dengan peralatan-peralatan yang canggih suatu negara cukup menyerang dan bertahan dengan mengendalikan komputer
#2. Komputer untuk bidang kesehatan
Pada jaman yang canggih seperti sekarang ini, pada bidang kesehatan pun telah mulai memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi, diantaranya adalah penggunaan alat kedokteran yang menggunakan aplikasi komputer yaitu Ultra Sonografi (USG).
#3. Komputer sebagai sarana pengontrolan
Komputer sebagai alat control bagi pemantauan CCTV, tata lampu traffic light, maupun escalator. Dalam hal ini komputer sebagai alat control jarak dekat maupun jarak jauh.
#4. Komputer sebagai sarana usaha
Dengan adanya komputer, kita dapat membuka usaha misalnya usaha percetakan atau sablon, usaha video editing, usaha desain arsitektur, dan warnet.
#5. Komputer sebagai sarana informasi
Komputer yang terhubung ke internet akan membuat kita akan lebih mudah mencari informasi, mulai dari berita politik, perdagangan, travel, referensi bagi pelajar, dan lain sebagainya.
#6. Komputer sebagai sarana Untuk komunikasi
Dengan menggunakan komputer kita bisa mengirim gambar, video, dan audio melalui e-mail, melakukan chatting dengan seseorang, dan berkomunikasi melalui webcam.
Dengan mengetahui apa itu pengertian komputer dan juga
fungsinya dalam berbagai bidang kita akan lebih mengenalnya dan bisa tahu
ternyata komputer bisa juga dimanfaatkan untuk suatu bidang pekerjaan tertentu.
Dan tentu saja membuka cakrawala berpikir untuk menemukan bidang pekerjaan yang
mungkin bisa anda tekuni jika ahli di bidang komputer.
1.
Komputer Generasi pertama
Komputer generasi pertama adalah ENIAC, yang merupakan komputer elektronik pertama didunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts. Komputer generasi pertama ini menggunakan Tabung hampa udara (vacum-tube) yang terbuat dari kaca untuk penguat sinyal. Namun hal tersebut masih banyak mempunyai kendala seperti: mudah pecah, dan cepat menyalurkan panas.
Sejarah perkembangan konputer generasi pertama memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
- Pada generai ini komputer masih banyak mengeluarkan panas.
- Menggunakan komponen elektronikanya yang terbuat dari Tabung Hampa
Udara (Vacuum Tube).
- Program dibuat dalam bahasa mesin (Machine Language), yang programnya
tersimpan dalam memori komputer.
- Utuk mengoprasikannya pun membutuhkan kekuatan listrik yang cukup
besar.
- Kapasitas yang disediakan untuk penyimpannan data sangat kecil dan
terbatas.
- Programnya masih menggunakan bahasa mesin dengan menggunakan kode 0
dan 1 dalam urutan tertentu.
- Prosesnya relatif lambat.
- Mempunyai Ukuran atau bentuk yang sangat besar sehingga diperlukan
sebuah ruangan yang yang cukup lebar hanya untuk meletakan komputer ini.
- Orientasi utama pada aplikasi bisnis.
- Menggunakan sistem luar magnetic tape dan magnetic disk.
2. Komputer
Generasi kedua
Sejarah perkembangan komputer generasi kedua lahir pada tahun 1960-an, penemuan transistor sanggat mempenggaruhi perkembangan komputer pada saat itu. Transistor dapat menggantikan Tabung hampa udara. Dan hal tersebut tentunya megubah semua ukuran mesin-mesin elektrik .
Transistor mulai digunakan pada komputer
sekitar tahun 1956-an. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori
inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil,
lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding dengan
komputer generasi pertama.
Perkembangan Komputer Generasi kedua ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
- Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level
language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL.
- Kapasitas memori utama sudah lumayan besar
- Sirkutinya adalah transistor.
- Ukuran fisik komputer lebih kecil dari komputer generasi pertama
- Tidak membutuhkan terlalu banyak listrik
- berorientasi pada bisnis dan teknik
- Proses operasi sudah cepat
3. Komputer Generasi Ketiga
Komputer generasi ketiga merupakan sebuah perkembangan yang sangat pesat dari perkembangan komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1965-1971-an. Transistor yang dianggap tidak effisien lagi membuat para ilmuan mencari alternatif lain dan kemudian di temukan pada batu kuarsa ( Quartz rock ). Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. Hal ini merupakan sebuah inovasi yang dapat mendongkrak munculnya komputer generasi ketiga.
4. Komputer Generasi Keempat
Setelah IC ditemukan, perkembangan komputer semakin pesat dan jelas. Pada tahun 1971 chip INTEL 4004 membawa kemajuan besar dalam dunia IC, intel berhasil memasukan semua komponen dalam sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) kedalam sebuah chip tunggal yang sangat kecil, jika sebelumnya IC digunakan untuk mengerjakan pekerjaan tertentu saja maka pada masa ini mikroprosesor dapat diproduksi dan di program untuk menjalankan seluruh kebutuhan yang diinginkan.
Perkembangan Komputer generasi keempat memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
- Dikembangkan komputer mikro yang menggunakan micro processor dan
semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer.
- Pada generasi ini komputer sudah memaki Large Scale Integration (LSI)
5. Komputer Generasi Kelima
Sejarah perkembangan komputer generasi kelima adalah
komputer yang kita gunakan sekarang ini dimana pada generasi ini ditandai
dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan
microprocessor ke dalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan
munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat
micro-processor di antaranya adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan
lainnya lagi. Di pasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel
dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium. Pentium-4 merupakan
produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala
kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, di samping itu, kemampuan dan
kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Gambar-gambar
yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih tajam, di samping itu kecepatan
memproses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat.
Komponen-komponen
di dalam komputer
PENGERTIAN
HARDWARE
Pengertian
dari hardware atau dalam bahasa indonesianya disebut juga dengan nama
perangkat keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat
nya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk
nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
Hardware dapat
bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga
disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang
dapat dimengerti olehhardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan
berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
Bagian
utama pada computer adalah CPU (Central Processing Unit), yang
berfungsi sebagai otak dari computer. Untuk dapat bekerja, CPU memerlukan alat
masukan untuk memasukan informasi ataupun perintah. Hasilnya akan di keluarkan
melalui alat keluaran. Informasi ataupun data dapat juga di ambil dan di simpan
dari dan ke media penyimpanan.
Secara
fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem.
Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu
kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak
berfungsinya suatu komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam
kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat
keras komputer dibagi menjadi :
1. input divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal ( unit tambahan)
komponen
dasar komputer yang terdiri dari input, process, output dan storage. Input
device terdiri dari keyboard dan mouse, Process device adalah microprocessor
(ALU, Internal Communication, Registers dan control section), Output device
terdiri dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari
harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri
dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen
tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya.
Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.
1. Unit Masukan ( Input Device )
Unit
ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu
memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.
Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC)
adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan
user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa
digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner,
untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi.
Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses
akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalamkomputer.
Input
device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam
suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang
diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistemkomputer dapat berbentuk signal
input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke
dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang
digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain
digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.
Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
• Peratalan input langsung, yaitu input yang
dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse,
touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui
media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya :
punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari
beberapa macam peranti yaitu :
a. Keyboard
Keyboard
merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan
komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus
serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah
lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
Penciptaankeyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan
dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887
diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington.Keyboard yang digunakanan
sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan
sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah
tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal
memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard :
1.)
QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
b. Mouse
Mouse
adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk
perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai
perintah praktis dan cepat dibanding dengankeyboard . Mouse mulai digunakan
secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User
Interface). sinyal-sinyal listrik sebagaiinput device mouse ini dihasilkan oleh
bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya.
Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang
digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula
dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah.
Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini
akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak
berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu
terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu
menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini
akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan
kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan
teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan
mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari
beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
c. Touchpad
Unit
masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan
menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti
mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing
stick dan trackball.
d. Light Pen
Light
pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design
gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat
mengirimkan sinyal cahaya kekomputer yang kemudian direkam, dimana layar
monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
e. Joy Stick dan Games Paddle
Alat
ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya
berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi
terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak
suatu objek dalam komputer.
f. Barcode
Barcode
termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk
membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical
yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya
menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku.
Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia
untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
g. Scanner
Scanner
adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar
atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memorikomputer. Dari memori komputer
selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini
mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat
dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui
monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi
dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file
gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan
untuk mendeteksi lembar jawabankomputer. Scanner yang biasa digunakan untuk
melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan
untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer ) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan
jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali
jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy
gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical
Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
Saat
ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader),
dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban
komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan
DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat
menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat
menggunakan kertas biasa.
h. Kamera Digital
Perkembangan
teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari
kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih
bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan
scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya.
Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan
pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa.
Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera
tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke
komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam
jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan
kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
i. Mikropon dan Headphone
Unit
masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan
dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita
dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan
pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras
lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker
untuk mendengarkan suara.
j. Graphics Pads
Teknologi
Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin
mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini
merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang
digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang
dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada
bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch
sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian
diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif
sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah
dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
k. Touch screen
Touch screen mempunyai kemampuan menampilkan dan
menerima informasi langsung pada layar yang sama. dengan demikian, kita dapat
langsung berinteraksi dengan computer tanpa menggunakan mouse ataupun keyboard.
Terkadang kita cukup meyentuhkan jari langsung pada layar atau memerlukan alat
tambahan seperti light penataupun jarum khusus
2. Unit keluaran (output device)
Alat
keluaran bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengelarkan
hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu
media yang dapat di baca oleh manusia ataupun dapat di gunkan sbagai
penyimpanan data hasil proses.
Jenis-Jenis Unit
Keluaran
§ - Monitor
Monitor komputer adalah alat keluaran yang dapat menampilkan gambar
yang dihasilkan komputer komputer tanpa rekaman permanen. Monitor komputer
biasanya menggunakan teknologi tabung sinar katode (CTR= cathode ray
tube), atau dapat juga terdiri atas panel datas seperti TFT LCD (liquit
crystal display)
§ LCD Proyektor
LCD
Pryektor mempunyai kegunaan seperti monitor, hanya saja gambar yang di
keluarkan akan di tampilkan di layar atau sembarang permukaan yang datar. Alat
ini sering di gunakan untu presentasi atau pertunjukan. Keberadaan LCD
Proyektor ini mulai menggantikan Slide Projector ataupun
OHP (Over Head Projector)
Dengan
lensa yang dapat memproyeksikan gambar pada layar atau permukaan datar maka
hasilnya akan dapat terlihat sangat besar sehingga kita tidak perlu menggunakan
TV ataupun monitor yang besar..
·
§ Printer
Printer
adalah alat keluaran yang menghasilkan hard copy dari dokumen
yang di simpan dalam bentuk elektronik, biasanya pada media fisik seperti
kertas ataupun transparansi. Secara singkat printer dapat menghasilkan teks,
tulisan ataupun gambar dari komputer yg di cetak pada media seperti kertas.
Biasanya printer di hubungkan langsung ke komputer dengan menggunakan kabel
printer atau kabel USB yang mempunyai dokumen yang akan di cetak.
·
§ Speaker
Speaker
komputer adalah speaker eksternal yang biasanya di lengkapi dengan jack
plug stereo 1/8 inci untuk sound card computer.
Terkadang orang menghubungkan sound card dengan speaker USB.
PENGERTIAN SOFTWARE
Software
(perangkat lunak, merupakan program-program komputer yang berguna untuk
menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut
ditulis dengan bahasa khusus yang imengerti oleh komputer. Software terdiri
dari beberapa jenis, yaitu;
A. Perkembangan software
Perkembangan software dibagi kedalam empat periode
yaitu :
1. Periode Pioner
2. Periode Stabil
3. Periode Mikro
4. Periode Modern
a. Periode Pioner (1950 – 1963)
§ Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah
sambungan-sambungan kabelke antar bagian dalam komputer
§ Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara
langsung, sebuah program untuk sebuah mesin dan digunakan untuk tujuan tertentu
§ Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan
hasil yang selesaidikerjakan komputer berupa print out.
§ Proses yang di lakukan di dalam komputer berupa baris
instruksi yang diproses secara berurutan
b. Periode Stabil (1963 – 1980)
§ Pada era stabil penggunaan komputer sudah cukup meluas
dan banyak digunakan di berbagai kalangan
§ Perusahaan perangkat lunak bermunculan
§ Baris-baris perintah perangkat lunak yang dijalankan
oleh komputer dilakukan secara serempak (multi tasking)
§ Satu perangkat lunak dapat digunakan oleh banyak
pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time)
§ Mulai diperkenalkan sistem basis data, yang memisahkan
antara program (pemroses) dengan data (yang di proses)
c. Periode Mikro (1980 – 1990)
§ Perangkat lunak dapat dibedakan menjadi perangkat
lunak sistem yang bertugas menangani internal, dan perangkat lunak aplikasi
yang digunakan secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan tertentu
§ Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak
mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.
d. Periode Modern (1990 – …)
§ Perangkat lunak/software terdapat pada hampir semua
perangkat elektronik
§ Semua perangkat yang memiliki software dapat saling
terhubung (otomatisasi)
§ Pembuatan sebuah perangkat lunak bukan lagi pekerjaan
segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang, dengan beberapa
tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya.
§ Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh perangkat
lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak
sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar
1. Software terdiri dari beberapa
jenis, yaitu;
· Sistem Operasi, seperti DOS,
Unix, Linux, Novell.OS/2,Windows, adalah software yang berfungsi untuk
mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga
masing-masingnya dapat saling berkomunikasi. Tanpa ada sistem operasi maka komputer
tak dapat difungsikan sama sekali.
§ Program Utility, seperti Norton Utility, Scandisk, PC
Tools, dll. Program utility barfungsi untuk membantu atau mengisi
kekurangan/kelemahan dari system operasi, misalnya PC Tools dapat melakukan
perintaah format sebagaimana DOS, tapi PC Tools mampu memberikan keterangan dan
animasi yang bagus dalam proses pemformatan. File yang telah di hapus oleh DOS
tidak dapat dikembalikan lagi tapi dengan program bantu hal ini dapat
dilakukan.
§ Program Aplikasi, seperti GL,MYOB,Payroll dll.
Merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu, seperti
program gaji pada suatu perusahaan. Maka
program ini hanya digunakan oleh bagian keuangan saja tidak dapat digunakan
oleh departemen yang lain. Biasanya program aplikasi ini dibuat oleh seorang
programmer komputer sesuai dengan permintaan/kebutuhan
seseorang/lembaga/perusahaan guna keperluan interennya.
§ Program Paket, seperti Microsoft
office, Adobe fotoshop, macromedia studio, open office dll Adalah program yang
disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang dengan
berbagai kepentingan. Seperti MS-office, dapat digunakan oleh departemen
keuangan untuk membuat nota, atau bagian adminstrasi untuk membuat surat
penawaran dan lain sebagainya.
§ Bahasa Pemrograman, PHP, ASP,
dBase, Visual Basic dll. Merupakan software yang khusus digunakan untuk membuat
program komputer, apakah itu sistem operasi, program paket dll.
Bahasa pemograman ini biasanya
dibagi atas 3 tingkatan yaitu;
§ Low Level Language, bahasa
pemrograman generasi pertama, bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit
dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti
hanyalah pembuatnya saja.
§ Midle Level Language, merupakan
bahasa pemrograman tingkat menengah dimana penggunaan instruksi sudah mendekati
bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih sulit untuk dimengerti karena banyak
menggunakaan singkatan-singkatan seperti STO artinya simpan (singkatan dari
STORE) dan MOV artinya pindah (singkatan dari MOVE). Yang tergolong dalam
bahasa ini adalah Assembler, For Tran (Formula Translator).
§ High Level Language, merupakan
bahasa tingkat tinggi yang mempunyai ciri mudah dimengerti, karena menggunakan
bahasa sehari-hari, seperti BASIC, dBase, Visual Basic, VB. Net dan lain-lain.
2.Perangkat Lunak Aplikasi
§ Pengolah Kata
§ Contoh :
Word Star, Chi Writer, Ms Word, dll
§ Spread Sheet
§ Contoh :
Lotus, Excel, SPSS, dll
§ DBMS
§ Contoh :
Dbase, Access, FoxPro, dll
§ Multimedia
§ Contoh :
Media Player, Winamp, Pinnacle Studio, dll
§ Aplikasi Games
§ Contoh :
Mini Games, Heavy Games, dll
PENGERTIAN BRAINWARE
Brainware adalah
manusia yang terlibat dalam mengoperasikan serta mengatur sistem di dalam
komputer. Diartikan juga sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan
mengeksplorasi kemampuan dari Hardware maupun Software.
Brainware
termasuk bagian penting dari sebuah sistem komputer. Hardware tidak dapat
bekerja tanpa adanya Software, sedangkan Software dan Hardware tidak dapat
bekerja tanpa adanya Brainware. Jadi 3 komponen ini saling terkait dan saling
membutuhkan.
Konsep
Hardware – Software – Brainware adalah merupakan konsep Tri
Tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Untuk tahap
pertama, manusia hasrus memasukkan program terlebih dahulu ke dalam komputer.
Setelah program tersimpan di dalam komputer, maka komputer baru bisa bekerja
untuk membantu manusia di dalam menyelesaikan persoalan ataupun pekerjaannya.
Ø
§ Konsep Tri Tunggal
Komponen
Brainware pada umumnya dibagi dalam bagian yang dapat menunjang adanya internal
check yang memadai, yaitu :
1. Operator Komputer bertanggung jawab untuk
mengolah data melalui sistem yang berhubungan dengan komputer. Operator harus
mengikuti instruksi yang ditetapkan dalam runbook yang telah disusun oleh
Programmer. Disini perlu adanya pembatasan agar Operator tidak dapat memodifikasi
program sebelum atau selama program itu berjalan.
2. Teknisi adalah seorang yang bertanggung jawab
untuk maintenance tentang segala jenis permasalahan komputer. Seorang Teknisi
harus mempunyai pengetahuan luas mengenai troubleshooting dan sebagainya.
3. Trainer adalah seorang Brainware yang mempunyai
pengetahuan lebih banyak di banding lainnya, dan Brainware ini bertanggung
jawab untuk mendidik dan mengajar di bidangnya.
4. Konsultan adalah Brainware yang bertanggung jawab
layaknya seorang penasehat handal di dalam bidangnya.
5. Project Manager adalah Brainware yang bertanggung
jawab sebagai pemimpin / komando di suatu project tertentu. Bisa disebut juga
Mandor .
6. Programmer bertugas membuat aplikasi komputer
sehingga dapat memudahkan kinerja manusia melalui program yang telah dibuatnya.
7. Graphic Designer seorang Brainware yang
berkecimpung di dunia Design Grafis dan mahir dalam hal membuat suatu objek
animasi.
8. Spesialis Jaringan adalah seorang Brainware yang
sudah mahir di dalam dunia Jaringan Komputer. Dia bertanggung jawab atas semua
hal yang berhubungan dengan Jaringan Komputer.
9. Database Administrator adalah Brainware yang
bertanggung jawab terhadap database suatu aplikasi, organisasi dan sebagainya.
10. System Analis adalah Brainware yang bertanggung
jawab untuk mendesain, merancang dan menganalisa suatu program yang akan dibuat
maupun sudah jadi. Jadi seorang Sistem Analis harus berhati – hati dalam
merancang suatu aplikasi agar tidak terjadi kesalahan yang fatal.
CPU (Central Processing Unit),adalah perangkat
terpenting dalam sebuah komputer yg memiliki peranan sebagai pengolah data atau
pusat pemrosesan, seperti contoh ketika kita mengetik melalui keyboard, maka
keyboard akan mengirim sebuah perintah ke CPU, dan disinilah peranan CPU, ia
akan mengolah perintah dari keyboard tersebut dan menampilkannya pada monitor
dalam bentuk tulisan yg kita ketik. Tentunya di dalam CPU terdapat berbagai
komponen yg saling berhubungan, dan disini saya akan berbagi apa dan fungsi dari
komponen tersebut.
1.Casing
Casing adalah bagian terluar dari CPU. Berfungsi untuk
menutupi dan melindungi komponen-komponen lain dari kotoran debu, dll. CPU juga
memiliki fungsi sebagai dudukan atau tempat berdirinya komponen-komponen lain
agar dapat berhubungan dengan kuat.
2.Processor
Sedikit ulasan processor adalah sebuah chip kecil yg
berfungsi sebagai pemikir atau pemroses semua perintah yg diterima oleh CPU.
Semakin tinggi tingkat processor-nya maka sebuah komputer akan semakin cepat
juga memproses perintah dari aktifitas yg kita lakukan, dan tentunya harus
diimbangi juga dengan komponen-komponen lainnya.
3.RAM
RAM adalah sebuah kartu grafis yg berfungsi untuk
menampung data yg telah terproses oleh processor sebelum ditampilkan dari
perangkat yg ditujukan. pemilihan ukuran RAM sebaiknya dilihat dari apa fungsi
komputer itu nantinya, jika hanya dipergunakan dalam tingkat yg biasa saya rasa
ukuran RAM 2giga itu sudah cukup, tetapi jika kita ingin menggunakangunakan komputer
itu untuk desain grafis, bermain game berat, atau pun untuk membuka
aplikasi-aplikasi yg besar, sebaiknya kita pilih RAM dengan ukuran 4giga atau
dengan ukuran yg lebih besar lagi karna semakin besar RAM yg kita gunakan akan
semakin bagus juga performa dari komputer kita.
4.VGA
VGA( Video Graphic Editor), adalah sebuah komponen yg
berfungsi untuk mengolah data grafis dan menampilkannya ke monitor, contohnya
adalah ketika kita bermain game, game dengan ukuran yg besar biasanya akan
membutuhkan VGA dengan spesifikasi yg tinggi agar game tersebut dapat berjalan
lancar ketika kita mainkan.
5.Hardisk
Fungsi hardisk adalah sebagai tempat penyimpanan semua
data yg ada di dalam komputer tersebut, seperti data music, videos, picture,
dll. Satuan ukuran dalam hardisk adalah byte, dan ukurannya pun bermacam-macam
mulai dari 250giga, 500giga, 750giga, 1tera, dan lain sebagainya.
6.Sound Card
Sound Card, dari nama komponen ini sepertiya kita
sudah bisa menebak apa tugas dari sound card tersebut. ya..tentu, fungsinya
adalah memerima sinyal digital dari komputer dan menjadi gelombang dan
menghasilkan sinyal sonic. Jadi semua perintah suara yg ada di komputer kita
sound card inilah yg memprosesnya sebelum mengeluarkannya melalui speaker.
7.Power Supply
Ini adalah komponen yg memiliki fungsi untuk
mengalirkan daya listrik menuju komponen-komponen lainnya agar dapat hidup dan
bekerja. Power supply juga dibedakan dalam beberapa bentuk ukuran, seperti:
300watt, 380watt, 400watt, 450watt, 600watt. dll.
8.Optical Disk Drive
Optical Disk Drive atau sering disebut dengan cd/dvd
room, merupakan sebuah perangkat yg berfungsi untuk membaca data apa pun yg
telah kita masukkan ke dalam cd/dvd. dan beberapa macam tipe dari optical drive
adalah: CD ROOM drive, CD-RW drive, DVD-ROOM drive, DVD-RW drive.
9.Motherboard
Motherboard atau yg sering dipanggil MOBO, adalah
sebuah komponen yg sangat penting dalam sebuah CPU, karna fungsinya adalah
sebagai papan sirkuit atau sebagai penghubung dari semua komponen yg ada di
dalam CPU,agar dapat saling berhubungan dan berkomunikasi. Setiap motherboard
memiliki spesifikasi tertentu, seperti berapa maksimal ukuran RAM yg dapat
dipasang dalam motherboard tersebut dan processor apa yg mendukung dalam
motherboard ini.
Sekian, semoga dapat membantu ^__^
No comments:
Post a Comment